Welcome



Saturday, October 8, 2011

Pedoman Untuk Mengecilkan Perut

Mengecilkan perut dan memiliki perut yang rata adalah dambaan semua orang yang bermasalah dengan perut buncit. Apakah Anda salah satunya? Jika demikian, memang Anda yang memiliki perut buncit sangat disarankan untuk mengecilkan perut Anda karena timbunan lemak di perut bisa mengancam kesehatan Anda.
Bahaya Perut Buncit
Seperti yang pernah dibahas di artikel sebelumnya, lemak di perut atau dikenal dengan sebutan visceral fat dapat menimbulkan risiko kesehatan yang lebih besar, terutama bagi orang-orang dengan perut buncit atau memiliki timbunan lemak perut yang berlebih. Studi menunjukkan bahwa orang dengan lemak perut yang berlebih akan lebih rentan terhadap tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, gula darah tinggi, resistensi insulin, dan penyakit jantung. Inilah alasan mengapa beberapa pakar kesehatan meyakini bahwa ukuran lingkar pinggang dan distribusi lemak lebih penting daripada berat badan seseorang untuk menilai potensi risiko kesehatan orang tersebut.
Pedoman Diet untuk Mengecilkan Perut
Berikut adalah beberapa aturan pola makan untuk mengecilkan perut buncit Anda.
  1. Konsumsi Beraneka Ragam Makanan
    Kita membutuhkan beraneka macam nutrisi setiap hari, sehingga kita juga harus makan beranake ragam makanan setiap harinya. Konsumsilah makanan sehat yang kaya protein, mengandung lemak baik dan karbohidrat kompleks. Masukkan kacang-kacangan seperti kacang polong, kedelai, almond, hazelnut, dan walnut, juga sumber protein hewani seperti susu ataupun yogurt rendah lemak, ayam, telur, dan daging tanpa lemak, serta sumber protein yang juga kaya lemak sehat seperti ikan. Tambahkan pula sumber lemak sehat seperti minyak zaitun, flaxseed oil, minyak bunga matahari, dan alpukat. Untuk sumber karbohidratnya Anda bisa pilih biji-bijian seperti beras merah, gandum, ataupun buah seperti anggur, stroberi, apel, serta sayuran hijau seperti bayam, dan lain-lain.
  2. Makan 5 Sampai 6 Kali Sehari
    Sebagai konsekuensi dari mengurangi makan dan berlapar-lapar ketika Anda sedang berdiet, tubuh Anda justru akan mengakumulasi lebih banyak lemak secara cepat.
    Anda dapat mencegah akumulasi lemak dengan membagi porsi makan 5 sampai 6 kali atau porsi kecil tapi sering daripada hanya 1-2 kali makan dalam porsi sangat besar.
  3. Perhatikan Apa yang Anda Minum
    Minuman bersoda, sirup, ataupun minuman beralkohol mengandung kandungan kalori yang tinggi tapi sangat rendah kandungan gizinya. Jadi, yang lebih baik Anda beralih ke minuman sehat seperti yogurt drink, jus buah, jus sayuran, susu rendah lemak, dan sebagainya yang akan membantu Anda menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit Anda.
  4. Minum Air yang Cukup
    Minum banyak air setiap hari. Disarankan untuk minum air kurang lebih 8 gelas per hari untuk membantu menurunkan berat badan dan mengecilkan perut buncit Anda. Minum air membantu Anda menurunkan berat badan dengan menjaga sistem pencernaan yang sehat, memfasilitasi penyerapan nutrisi yang baik, meningkatkan metabolisme, dan meningkatkan tingkat energi Anda.
  5. Jauhkan Diri Dari Stres
    Ketika Anda stres, tubuh melepaskan kortisol, suatu hormon yang bertanggung jawab untuk timbunan lemak perut Anda. Oleh karena itu, hindari stres, luangkan waktu untuk menyegarkan diri Anda, juga tidurlah yang cukup.
Mengecilkan perut memang tidak bisa terjadi secara instan, tetapi dengan disiplin mengatur diet Anda dengan baik, yang tentunya juga Anda barengi dengan berolahraga teratur, maka bukan hanya Anda akan berhasil mengecilkan perut, Anda juga akan mendapatkan kualitas kesehatan yang lebih baik, serta bisa menjaga berat badan Anda untuk jangka waktu yang lama.

No comments:

Post a Comment